Selasa, 21 Agustus 2012

Usaha Merubah Anak Nakal Menjadi Baik


Pada dasarnya tidak ada anak nakal. Setiap anak dilahirkan dengan keunikannya masing-masing. Orang tua dan lingkungannyalah yang membentuk seorang anak menjadi berprilaku yang tidak sesuai dengan kebenaran umum, yang kemudian disebut sebagai anak nakal.

ANAK NAKAL

Bahkan julukan anak nakal itu sendiri seringkali salah sasaran, diberikan kepada anak yang kreatif. Misalnya, hanya karena seorang anak bermain lumpur hingga pakaiannya berlumur lumpur, dengan mudah orang tua menghardik si anak dengan sebutan anak nakal.
Padahal jika dilihat dari sisi lain, si anak ini sedang mengeksplorasi lingkungan. Namun tidak jarang mereka lalai dan ceroboh dalam mengeksplorasi apa yang ada di sekitarnya. Disinilah peran penting orang tua maupun lingkungannya untuk mengarahkan  si anak untuk dapat mengarahkan kreatifitasnya dengan benar.

Alasan mengapa anak anda menjadi anak nakal tidak sepenuhnya murni dari personality anak anda, melainkan bisa jadi karena cara didik anda dan lingkungannya yang seara langsung ataupun tidak langsung membentuk karakter anak. Berikut ini adalah beberapa situasi yang sering kali memicu problem kenakalan pada anak. Mari kita lihat berdasarkan sudut pandang anak:
  1. Jika aku tidak mendapatkan apa yang aku inginkan, aku hanya perlu menangis dengan keras atau berteriak, biasanya cara ini ampuh untuk mendapatkan apa yang ku inginkan
  2. Aku sedih ketika orang tuaku bertengkar dihadapanku. Hal itu membuatku jengkel dengan mainan-mainanku, taman-temanku dan kedua orang tuaku
  3. Ketika aku diancam, itu membuatku jauh lebih buruk dan akupun mulai belajar mencaci
  4. Jika orang tuaku memukulku saat jengkel terhadapku, maka akupun akan memukul temanku ketika aku merasa kesal
  5. Aku menyukai adikku, tapi aku tidak lagi mendapatkan perhatian seperti dulu, jadi aku harus jadi anak nakal untuk menarik perhatian
  6. Aku memiliki banyak energi, tetapi aku terus dikurung di dalam rumah, ini sangat mengecewakan
  7. Terkadag aku terpaksa menjadi nakal, tapi terkadang akupun tidak berniat menjadi nakal. Aku tidak tau mana yang benar
  8. Tak seorangpun peduli padaku ketika aku berlaku baik
 Dengan mempelajari sudut pandang anak ketika dia nakal, maka selanjutnya kita akan mampu memperbaiki tingkah laku anak, sehingga dapat merubah anak nakal menjadi malaikat.
Jika si anak mengganggu temannya, merusak mainan atau hal lain yang menjadikan dia dijuluki anak nakal di depan umum, beberapa cara berikut dibutuhkan untuk mengatisipasi hal tersebut, yaitu:
·       Si anak perlu dijelaskan kemana dia dan keluarganya akan pergi dan apa yang akan dilakukan oleh tiap orang di tempat tersebut. Hadiah yang mungkin akan kita berikan kepada si anak sebagai imbalan telah berlaku baik selama bepergian, ada baiknya kita berikan di awal, sebelum bepergian. Hal ini akan menjadi ancaman yang manis untuk si anak. Tetapi jika karena beberapa alasan anak tetap tidak mau bersikap baik, tidak perlu menghardiknya dengan sebutan anak nakal. Cukup ekspresikan kekecewaan, tanpa berlebihan dan memintanya untuk merubah sikapnya lain kali.
  1. Jangan menghardik anak dengan sebutan anak nakal, terutama di depan umum. Hal ini akan semakin memperburuk kondisi anak.
  2. Daripada menekankan pada tingkah laku anak nakal, lebih baik orang tua menjelaskan kepada anak tersebut mengapa sikapnya tidak dapat diterima.
  3. Jika di keluarga anda memiliki anggota keluarga baru, misalnya adik baru, jangan biarkan anak anda merasa sendiri dan tidak mendapat perhatian dari anda.
  4. Konsistensi dalam menjalankan apa yang telah disepakati dengan si anak adalah kunci untuk menyelesaikan problem anak nakal.
  5. Jangan lupa untuk memberikan reward pada setiap perubahan sikap anak menjadi lebih baik.

Dengan komitmen orang tua dan lingkunngan yang saling mendukung untuk memperbaiki sikap anak nakal, maka secara perlahan si anak akan belajar bagaimana cara bersikap lebih baik. Dengan contoh yang benar, si anak juga akan mulai belajar mengekspresikan kreatifitasnya pada rel yang benar. Sumber (www.perkembanganbayi.net)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar