Kamis, 13 September 2012

Berilah Ia Kesempatan



Bagaimana agar anak bisa berbagi rasa dengan orang lain? Psikolog Mayke S Tedjasaputra menyatakan, yang pertama dari orang tua ke anak. Orang tua perlu selalu berempati sehingga anak juga berempati. Orang tua mengajarkan, kalau ada sesuatu, perlu dibagi kepada orang lain sehingga ia mencoba menerapkan kepada temannya. ''Tapi, kesempatan bergaul perlu diberikan. Kalau tidak ada pergaulan, bagaimana dia belajar berbagi dengan teman,'' katanya. 

Mayke mengatakan, kemampuan untuk mengatur diri berkaitan dengan kecerdasan intrapersonal. Sejak anak sudah bisa melakukan segala sesuatunya sendiri, maka perlu diberikan kesempatan. Misalnya, di usia 12 bulan mulai bisa makan sendiri, berikan ia kesempatan mencoba melakukannya, walaupun menyita waktu lebih lama dan menjadi agak berantakan.

Di usia 18 bulan sudah terampil berjalan, maka berikan kesempatan mengitari ruangan. Jangan biasakan digedong terus menerus karena akan menghambat keterampilan fisik-motorik, kesempatan berekspresi, dan membangun rasa percaya diri. ''Singkatnya, anak diberi tempat untuk mengembangkan anatomi di usia 18 - 36 bulan sehingga usia 3 - 5 tahun inisiatif anak juga akan berkembang,'' tuturnya.
Memasuki usia sekolah, 6 - 12 tahun, anak mampu memotivasi diri, mempunyai keinginan dan semangat untuk menguasai berbagai ketrampilan, baik olahraga maupun akademis. Di usia 12 - 19 tahun akan terbentuk identitas yang jelas mengenai dirinya, tidak canggung, bingung, atau malah kacau sebab dia menilai dirinya sebagai orang yang mempunyai arti.(bur )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar